Cari Properti

Pilih Rumah Baru Atau Rumah Second

Pilih Rumah Baru Atau Rumah Second
https://1.bp.blogspot.com/-WDU3TEDUq-Y/XqsEa7AiwJI/AAAAAAAAjKs/JEgLQyJxt4Ac5A96k9mwmg4ehg2MCgB-ACLcBGAsYHQ/s72-c/Cover.jpg
Artikel


Pilih Rumah Baru Atau Rumah Second


Pilih Rumah Baru Atau Rumah Second?

Rumah saat ini menjadi kebutuhan pokok untuk tempat tinggal baik rumah dengan kondisi sewa ataupun rumah milik sendiri. Bagi anda yang sedang mencari rumah pastinya akan banyak sekali bahan pertimbangan dalam menentukan membeli rumah baru atau rumah second. Jika berdasarkan kebutuhan, baik rumah baru ataupun rumah second sama - sama memiliki fungsi yang sama sebagai rumah tinggal, namun ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara rumah baru dengan rumah second.

So...kira - kira mana ya yang menguntungkan? beli rumah baru atau rumah second?

Berikut AWS Lestari berikan beberapa penjelasan antara rumah baru dengan rumah second.

Beli Rumah Baru

Contoh Gambar Rumah Baru

Kelebihan membeli rumah baru
1. Rumah sudah siap huni
Rumah yang baru dibangun oleh pengembang pastinya pembeli akan terima kunci dan siap huni dan tidak membutuhkan renovasi. Biasanya apabila ada kerusakan seperti genteng bocor, tembok pecah dan lainnya pembeli bisa komplain dan klaim ke pihak developer untuk dilakukan perbaikan. Umumnya rumah baru yang siap huni tersebut biasanya perumahan komersil. Namun untuk rumah subsidi biasanya membutuhkan tambahan seperti membangun dapur.

2. Desain yang Update
Mengenai desain rumah baru kamu tidak perlu khawatir, karena untuk saat ini para developer menjual rumah dengan desain yang menarik dan enak dilihat mata. Selain itu developer membangun rumah dengan mengikuti desain tren terbaru, walaupun rumah ukuran kecil namun bisa terlihat rumah minimalis yang dinamis dan menarik.

3. Pengajuan KPR rumah baru bisa melalui pengembang atau Bank
Kebanyakan orang ingin membeli rumah pastinya dengan sistem mencicil setiap bulan, nah...untuk rumah baru biasanya developer mempunyai skema pembiayaan tersebut. Misalnya, Developer sudah bekerja sama dengan bank untuk memfasilitasi KPR kepada calon pembeli dan ada juga skema pembayaran bertahap melalui developer. Bagi beberapa developer pada saat launching penjualan unit rumah biasanya akan memberikan promo - promo menarik baik berupa diskon potongan DP, harga rumah, biaya - biaya surat dan lain sebagainya untuk menarik minat para calon konsumennya.

4. Fasilitas lingkungan perumahan yang lengkap
Beberapa developer ternama biasanya menjual rumah untuk menarik minat calon konsumen akan membangun fasilitas - fasilitas yang mendukung untuk penghuni rumah tersebut. Misalnya untuk rumah cluster memiliki keamanan 24 jam dengan dilengkapi kamera CCTV, Fasilitas lingkungan seperti kolam renang, jogging track dan lain sebagainya.

Kekurangan membeli rumah baru
1. Area pemukiman belum ramai
Pada saat developer membangun rumah sampai menjualnya secara otomatis lingkungan masih sepi dan kosong sehingga membutuhkan waktu untuk menjadi ramai yaitu apabila konsumen sudah banyak menempati rumahnya baru akan terlihat lingkungan ramai. Tapi ada beberapa orang yang memang membeli rumah bukan untuk ditempati tapi sebagai nilai investasi sehingga rumah yang dibeli tetap kosong tidak berpenghuni dan akan mempengaruhi lingkungan tersebut ramai atau tidaknya.

2. Desain rumah yang tidak bisa diubah
Ada beberapa developer yang membangun perumahan dengan desian yang sudah ditentukan dan biasanya konsumen tidak bisa merubah desian tersebut. Bagi beberapa orang mungkin terlihat membosankan dan ingin merubah desain rumah tersebut namun terhalang oleh aturan developer. Biasanya ada beberapa developer memperbolehkan merubah desian dengan syarat adanya biaya tambahan untuk merubah desain.

3. Status sertifikat yang butuh waktu lama
Saat developer membangun perumahan biasanya sertifikat tersebut masih berbentuk global atau menyeluruh dan baru akan dilakukan pemecahan ketika sudah ada konsumen. Nah....pada saat proses pemecehan sertifikat tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama jadi kamu harus bersabar apabila beli rumah dengan cara cash tidak langsung menerima sertifikat biasanya baru berupa PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli). Tapi bagi kamu yang membeli rumah dengan cara KPR maka tidak perlu khawatir karena kamu akan terima sertifikat nanti pada saat angsuran kamu dinyatakan lunas.

Beli Rumah Second

Contoh Gambar Rumah Second

Kelebihan membeli rumah second
1. Harga lebih murah
Kamu yang akan membeli rumah second biasanya akan ada proses tawar menawar harga sampa deal. Bagi beberapa pemilik rumah yang memang sedang membutuhkan uang cepat biasanya akan menjual rumah tersebut jauh dibawah harga pasar dan bagi kamu yang mendapatkannya maka kamu merupakan orang yang beruntung. 

2. Lingkungan sudah ramai
Untuk rumah second biasanya rumah yang lingkungannya sudah terbentuk dan sudah ramai sehingga kamu tidak perlu khawatir berfikir lingkungan sepi dan pastinya kamu bisa bersosialisasi dengan orang - orang yang berada di lingkungan rumah yang akan anda beli.

3. Bebas merenovasi desian rumah
Bagi kamu yang membeli rumah second pastinya beberapa dari kamu akan berfikir untuk merenovasi rumah tersebut menjadi lebih menarik. Nah...rumah yang berada di perumahan sudah cukup lama biasanya setiap rumah memiliki desain yang berbeda sehingga jika kamu ingin merubah desain maka kamu bebas melakukan renovasi sesuai keinginan asalkan ada budget untuk renovasi.

Kekurangan membeli rumah second
1. Hati - hati dalam membeli rumah
Kamu harus memiliki perhitungan yang matang apabila ada rencana ingin membeli rumah second. Jangan sampai kamu sudah membeli dan ternyata harus kamu renovasi rumah tersebut yang harus menguras kantong lebih banyak sama saja kamu membeli rumah baru atau bahkan lebih mahal. Selain itu perhatikan iuran bulanan di lingkungan perumahan serta jangan lupa pastikan kamu membeli rumah bukan rumah yang sedang bermasalah atau sedang bersengketa.

2. Adaptasi dengan lingkungan baru
Dengan membeli rumah second pastinya kamu akan masuk ke lingkungan baru, dimana kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan juga tetangga. Bagi kamu yang biasa dengan hidup tanpa bertetangga mungkin akan sedikit risih tapi ada beberapa manfaat bagi kamu yang bersosialiasi dengan tetangga dan lingkungan sekitar.

3. Pembelian melalui KPR lebih sulit dibanding membeli rumah baru
Kamu yang berencana membeli rumah second dengan sistem pembiayaan KPR di Bank biasanya memakan waktu yang cukup lama dan belum tentu sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Misalnya hasil appraisal bank ternyata harga rumah yang kamu beli lebih rendah dibanding dengan harga transaksi jual beli, maka kamu harus siap merogoh kantong untuk menambah DP pembelian rumah. Jadi untuk pembelian rumah second belum ada price list dan skema kerjasama dengan bank jadi kamu harus smart dalam melakukan proses tawar menawar rumah yang akan di beli.

Dari penjelasan diatas, kira - kira mana ya yang lebih menguntungkan? Beli rumah baru atau rumah second?

Jadi kesimpulan dari uraian diatas baik rumah baru ataupun rumah second keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Kamu harus Smart dalam mengambil keputusan...!!!

Oiya...kami rekomendasikan bagi kamu yang sedang mencari rumah baru atau second dibawah ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu loh!!!


Bagi kamu yang berminat untuk berinvestasi properti atau ingin memiliki rumah tinggal dengan harga terjangkau, AWS Lestari Properti memiliki beberapa rekomendasi rumah, ruko, tanah, di wilayah Jabotabek. Kami siap membantu untuk mencarikan properti yang anda inginkan.

Berikut beberapa pilihan properti yang AWS Lestari Properti Rekomendasikan


Informasi Pengajuan Kredit :
Baca juga : Pengajuan KPR


Salam sukses dengan investasi properti,
AWS Lestari Properti
Properti Pilihan Terbaik Untuk Anda

Share this product :

+ comments + 2 comments

May 1, 2020 at 1:31 PM

Bermanfaat

Anonymous
May 8, 2020 at 9:07 AM

sip...

Post a Comment

 
CEO :
Adi Wisnu Sumaatmaja
Copyright © 2020. AWS Lestari Properti - www.lestariproperti.com