Cari Properti

Tips dan Saran Membeli Rumah

Tips dan Saran Membeli Rumah
https://1.bp.blogspot.com/-2ELLw4kVQaA/XnedoJPdLHI/AAAAAAAAhwI/LVAlztNwFig3lYEdaNJp7edPI_INfdwOQCLcBGAsYHQ/s72-c/234.png
Artikel





Tips dan Saran Membeli Rumah

Rumah saat ini menjadi kebutuhan utama atau kebutuhan primer bagi setiap orang. Dimana rumah merupakan tempat berteduh, beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Rumah yang nyaman dan bersih membuat setiap penghuni semakin betah untuk bersantai dirumah. Selain itu lingkungan sekitar juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, dari keamanan, kebersihan lingkungan serta kehidupan bertetangga. Saat ini harga rumah setiap tahunnya terus naik dan semakin tidak wajar untuk harga rumah dikawasan - kawasan tertentu. Banyaknya permintaan serta kebutuhan untuk tempat tinggal membuat para pengembang atau developer terus melakukan pembangunan rumah agar dapat dinikmati oleh seluruh kalangan, baik perumahan subsidi, perumahan komersial, dan juga perumahan mewah (Real Estate). Rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang memiliki nilai tambah atau keuntungan karena harga yang selalu naik setiap tahun. Mungkin dari beberapa orang rumah dimiliki bukan hanya 1 tapi bisa lebih, namun banyak juga orang yang mungkin saat ini belum memiliki rumah dan hanya tinggal dirumah kontrakan. Bagi anda yang mungkin saat ini belum memiliki rumah, inilah saatnya anda mulai ambil keputusan dan berfikir bagaimana caranya agar bisa mempunyai rumah tinggal sendiri tanpa harus mengontrak atau sewa rumah. 

Berikut Tips atau saran yang AWS Lestari Properti sampaikan kepada anda dalam membeli rumah. 

1 . Harga Rumah Yang Dibeli 

Harga rumah bagi sebagian besar orang menjadi faktor utama dalam mengambil keputusan dalam membeli rumah. Saat ini memang harga rumah terus mengalami kenaikan seiring dengan semakin naik juga tingkat pendapatan seseorang. Coba bandingkan beberapa tahun kebelakang, sangat jauh perbandingannya harga rumah dahulu dengan harga rumah saat ini. Tapi kenapa masih banyak juga orang belum memiliki rumah sendiri? Karena pada saat itu mungkin sebagai seorang karyawan/pekerja/buruh/wiraswasta belum memiliki penghasilan yang besar seperti saat ini dan juga masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Agar anda bisa memiliki rumah sendiri, dari sekarang mulailah hitung - hitungan mengenai penghasilan anda. Tentukan budget untuk rencana rumah yang akan dibeli dan pastikan sisihkan penghasilan anda di awal. Ingat di awal ya...bukan diakhir setelah anda bayar ini, bayar itu dan lain - lain. Kenapa harus begitu? Sebab jika anda tidak menyisihkan penghasilan anda di awal setelah menerima gaji atau pendapatan lainnya sudah dipastikan uang anda mungkin akan habis dan akan berfikir "bulan depan saja deh nyisihinnya". Untuk mempermudah anda dalam menentukan budget dan mencari rumah beberapa rekomendasi yang kami berikan untuk mencari rumah

2. Lokasi Rumah Yang Akan Dibeli

Lokasi rumah yang akan dibeli juga menjadi faktor penting dalam memutuskan membeli rumah. Misalnya, apakah lokasi rumah yang dibeli dekat dengan tempat anda bekerja atau tidak? Jika ternyata rumah yang akan dibeli jaraknya jauh dari tempat anda bekerja atau usaha akan mempengaruhi pengeluaran harian anda. Contoh : Ongkos anda bekerja dari rumah ke kantor atau ketempat usaha, jarak tempuh yang harus anda jalani setiap hari, akses jalan banjir atau tidak, Ketersediaan transportasi umum, serta fasilitas lainnya yang harus anda perhatikan. Jangan sampai karena lokasi yang jauh anda akhirnya berfikir lebih baik sewa rumah yang dekat dengan kantor yang akhirnya anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk sewa rumah. Jadi dalam hal pemilihan lokasi kami sarankan agar anda membeli rumah yang tidak jauh dari tempat kerja atau usaha anda agar bisa efisiensi waktu dan biaya.

3. Iuran Penghuni Langsung (IPL)

Nah...teman - teman terkadang melupakan hal ini yaitu iuran penghuni langsung (IPL) atau istilahnya iuran bulanan. Banyak orang ingin sekali membeli rumah dikawasan yang cluster, tapi jarang yang bertanya berapa IPL setiap bulan yang harus dibayarkan. Jangan sampai IPL yang harus anda bayarkan tersebut menjadi beban anda, padahal anda ingin memiliki rumah dan tenang untuk tinggal tapi ternyata anda harus berjuang lagi mencari penghasilan tambahan untuk membayar iuran bulanan. Saat anda melakukan survey rumah yang akan anda beli, jangan lupa anda harus kepo (bahasa gaulnya ya hehehe...) tanya kepada tetangga atau security diwilayah tersebut berapa kira-kira uang iuran bulanannya, jadi anda tidak kaget lagi nanti apabila sudah membeli rumah dan anda harus membayar iuran bulanannya. Selain itu anda juga harus mengetahui rumah yang akan dibeli apakah masih ada tunggakan iuran, misalnya IPL, Listrik, PAM, PBB dll, jangan sampai ternyata anda sudah membeli rumah tersebut namun ada tunggakan dari pemilik lama yang belum diselesaikan dengan jumlah yang cukup besar dan anda harus menanggungnya. Jadi anda harus benar - benar teliti dalam membeli rumah jangan sampai menjadi beban anda padahal anda ingin menempati rumah dengan tenang. 

4. Beli Rumah Cash atau Kredit? 

Poin ini menjadi sangat penting untuk anda mengambil keputusan dalam membeli rumah. Pastikan budget keuangan anda dalam membeli rumah, sesuaikan budget anda dan jangan pernah memaksakan hal-hal yang tidak mungkin karena nantinya anda sendiri yang akan menyesal. Sebenarnya enak mana sih beli rumah cash atau kredit? Oke...Disini saya tidak banyak menjelaskan, namun saya mencoba membuat anda berfikir. 

Yang pertama, apabila anda ingin membeli rumah secara cash, pastikan budget anda lebih dari cukup, inget ya lebih dari cukup bukan hanya cukup untuk membeli rumah saja. untuk membeli rumah dengan cash pastinya nilainya tidak kecil dan anda juga harus perhatikan kebutuhan sehari-hari anda, baik kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pendidikan anak, dan kebutuhan lainnya yang tidak terduga. Jangan sampai ketika anda sudah membeli rumah dengan cash karena uang pas - pasan ternyata setelah itu ada kebutuhan yang sangat penting dan mendadak, alih - alih akhirnya anda menjual kembali rumah tersebut. Syukur - syukur anda bisa menjual kembali dengan harga lebih tinggi, tapi jika ternyata anda menjual harga lebih rendah dari yang anda beli akibatnya anda akan rugi. Kenapa saya bicara seperti itu? ya, karena saya sudah beberapa kali menemui orang yang memiliki pengalaman yang sama seperti saya sampaikan. 

Yang kedua, Anda membeli rumah dengan sistem kredit. 
Dari poin pertama apabila anda tidak memiliki uang secara cash untuk membeli rumah, anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati, karena saat ini sudah banyak pembiayaan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dana yang saat ini anda miliki bisa anda gunakan sebagai DP untuk membeli rumah. Pastikan saat anda mengajukan KPR, pilihlah pembiayaan atau bank yang tepat dan sesuai dengan kemampuan angsuran setiap bulan anda. Cari pembanding bunga dari masing - masing bank dan angsuran setiap bulannya, pastikan anda mendapatkan bunga atau angsuran sekecil - kecilnya. Oya...mengenai kredit KPR ini anda harus perhatikan angsuran yang diberikan simulasi tersebut oleh pihak bank apakah angsuran tersebut tetap selama jangka waktu kredit atau tidak? karena apabila hanya beberapa tahun saja suku bunga tetapnya nantinya tahun - tahun kedepannya apabila adanya perubahan suku bunga dan bunganya lebih tinggi pastinya angsuran anda juga akan ikut naik dan anda harus perhitungkan hal tersebut. Ingat..kemampuan yang persis tahu dalam mengangsur adalah anda sendiri, jangan pernah anda paksakan apabila memang angsuran terlalu besar karena akan menjadi berat untuk anda. Jangan sampai anda sudah bertahun - tahun jalan angsuran namun dipertengahan jalan anda sudah tidak sanggup lagi membayar karena kenaikan angsuran atau hal lainnya yang berdampak pada rumah anda yang nantinya akan dilakukan lelang. Anda tidak mau kan rumah yang sudah nyaman anda tempati serta penuh perjuangan dalam memperolehnya tapi hilang begitu saja.
Informasi mengenai pengajuan kredit anda juga bisa baca : Informasi Pengajuan Kredit

Untuk mengetahui simulasi angsuran bisa gunakan kalkulator kredit berikut ini

                          Hitung Kredit


Mungkin itu saja saya coba berikan sedikit mengenai tips dalam membeli rumah. Semoga tips tersebut dapat berguna bagi anda yang sedang mencari rumah tinggal. "Ingat...!!! Berfikirlah bijak dalam mengambil keputusan, karena kesempatan tidak datang dua kali dan penyesalan selalu datangnya belakangan". 

Jika anda berminat untuk berinvestasi properti atau ingin memiliki rumah tinggal dengan harga terjangkau, AWS Lestari Properi memiliki beberapa rekomendasi rumah, ruko, tanah, di wilayah Jabotabek. Kami siap membantu untuk mencarikan properti yang anda inginkan. 

Berikut beberapa pilihan properti yang AWS Lestari Properti Rekomendasikan 

Salam sukses dengan investasi properti,
AWS Lestari Properti
Properti Pilihan Terbaik Untuk Anda

Share this product :

+ comments + 2 comments

April 17, 2020 at 11:06 PM

Terima kasih tips dan sarannya...

May 7, 2020 at 3:31 PM

👍👍👍

Post a Comment

 
CEO :
Adi Wisnu Sumaatmaja
Copyright © 2020. AWS Lestari Properti - www.lestariproperti.com